Kemeriahan Pesta “Bona Tahun” Sektor Korintus GKPS Jambi di Taman Hutan Kota, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Senin (11/3/2024). (Foto : Olivers).

Jambi, BaritaParmahan.ComPartonggoan (Ibadah) dan Pesta Bona Tahun (Awal Tahun) Sektor Korintus Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi, Resort Jambi yang digelar di Taman Hutan Kota Jambi, Senin (11/3/2024) berlangsung penuh kegembiraan.

Pesta Bona Tahun tersebut dihadiri sekitar 80 orang pagori ni kuria (warga jemaat) Sektor Korintus GKPS Jambi, mulai dari anak-anak sekolah minggu, remaja, pemuda, orang tua dan ompung (sesepuh). Pesta Bona Tahun Sektor Korintus tersebut juga dihadiri Pengantar Jemaat GKPS Jambi, St AJ Damanik, SE, MM.

Pesta Bona Tahun Sektor Korintus GKPS Jambi tersebut diawali dengan ibadah bersama. Para petugas yang melayani pada ibadah tersebut, Pendeta (Pdt) Franky Doris Malau, STh membawakan ambilan (khotbah). Kemudian St Drs JT Damanik (agenda/votum), St E Br Sitopu, MPd (doding/nyanyian), Penginjil Larmawati Br Purba, STh (doa syafaat), Raja Purba (musik), Ruth Sandra Saragih dan Anike Karo-karo (song leader/pemandu nyanyian).

Pdt Franky Doris Malau, STh dalam khotbahnya pada ibadah tersebut mengatakan, warga Sektor Korintus GKPS Jambi perlu terus meningkatkan persaudaraan yang rukun. Baik kerukunan di tengah keluarga, sektor dan gereja. Kerukunan tersebut akan memampukan warga Sektor Korintus GKPS Jambi melaksanakan pelayanan yang semakin baik di masa mendatang.

“Kerukunan dan kebersamaan di tengah keluarga, sektor dan gereja membuat kita bekerja, melayani secara bersama-sama demi kesejahteraan keluarga, sektor dan gereja kita. Kreasi-kreasi dan usaha-usaha kita di tengah keluarga,sektor dan gereja akan berhasil dengan baik jika kita rukun, bekerja sama dan saling mendukung,”ujarnya.

Dikatakan, persaudaraan yang perlu hidup dengan rukun bukan hanya persaudaraan karena pertalian darah, tetapi juga persaudaraan di tengah sektor dan gereja yang dirajut atas dasar kasih yang tulus. Walaupun berbeda marga, asal kampung halaman dan berbagai latar belakang, warga Sektor Korintus GKPS Jambi akan tetap bisa hidup rukun, saling peduli dan saling menolong jika didasari kenyamanan di tengah kebersamaan.

“Sektor Korintus GKPS Jambi selama ini memiliki semangat kebersamaan, sehingga pelayanan bisa tetap berjalan baik. Setiap Desember, Sektor Korintus GKPS Jambi mengadakan perayaan Natal. Sedangkan tahun ini, Sektor Korintus mengadakan Partonggoan dan Pesta Bona Tahun. Kegiatan Natal dan Pesta Bona Tahun ini membutuhkan biaya besar. Tetapi semua bisa digapai melalui kebersamaan,”ujarnya.

Pdt Franky Doris Malau, STh (tiga dari kiri) dan Penginjil Larmawati Purba, STh (empat dari kiri), pemusik Raja Purba (tiga dari kanan) menerima bingkisan dari Panitia Pesta Bona Tahun Sektor Korintus GKPS Jambi di Taman Hutan Kota, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Senin (11/3/2024). (Foto : St E Br Sitopu).

Penuh Kegembiraan

Sementara itu, kemeriahan Pesta Bona Tahun Sektor Korintus GKPS Jambi sangat terasa ketika berlangsung tortor (tarian) bersama sekaligus penggalangan (pengumpulan) dana. Seluruh fulltimer (pendeta dan penginjil), Pimpinan Majelis Jemaat, Majelis Jemaat, Calon Majelis Jemaat, Pengurus Sektor, Pengurus Seksi dan seluruh warga Sektor Korintus menari penuh kegembiraan.

Tarian yang dilakukan silih berganti mendapat sambutan meriah dari warga Sektor Korintus. Tarian bersama diawali dengan tarian Fulltimer GKPS Jambi, Pengurus Sektor Krintus dan Panitia Pesta Bona Tahun sebelum makan siang bersama. Rombongan tarian tersebut mendapat sambutan dan saweran (sumbangan) dari warga Sektor Korintus GKPS Jambi.

Kemudian tarian bersama berlanjut setelah makan siang bersama, yakni tarian Pimpinan Majelis, Majelis dan Calon Majelis bapa. Selanjutnya tarian majelis inang (wanita), tarian bapa, tarian inang, tarian pemuda dan tarian sekolah minggu. Pada kesempatan tersebut ditampilkan juga tarian Tim Tari Wanita Sektor GKPS Jambi dengan membawakan tari “Haporas Ni Silongkung” yang dipertandingkan pada Pesta Inang GKPS 2024 di GKPS Jambi, Sabtu (2/3/2024).

Tarian bersama inang (wanita) Sektor Korintus GKPS Jambi pada Pesta Bona Tahun Sektor Korintus GKPS Jambi di Taman Hutan Kota, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Senin (11/3/2024). (Foto : Olivers).

Tarian bersama Pesta  Bona Tahun Sektor Korintus GKPS Jambi tersebut diiringi pemusik, Raja Purba dan para penyanyi bapa Sektor Korintus, yakni Calon Syamas Riahman Aris Saragih, Calon Syamas Afrin Girsang, St Friston R Sinaga, SPd dan St Radesman Saragih. Lagu-lagu yang dinyanyikan mengiringi tarian, mulai dari lagu Sumalungun, Karo dan Toba. Beberapa anggota bapa Sektor Korintus, Sy R Saragih dan St F Sipayung tampil menyanyi solo.

Pengantar Jemaat GKPS Jambi, St AJ Damanik mengapresiasi pelaksanaan Pesta Bona Tahun Sektor Korintus GKPS Jambi tersebut. Pesta bona tahun tersebut diharapkan bisa meningkatkan kebersamaan memajukan pelayanan di tengah Sektor Korintus dan GKPS Jambi.

“Kami berharap hasil pesta bona tahun ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan dan pengadaan inventaris Sektor Korintus,”katanya.

Sementara itu, Ketua Sektor Korintus, St FR Sinaga, SPd,  St JW Saragih dan anggota bapa Sektor Korintus, S Purba mengharapkan Pesta Bona Tahun Sektor Korintus GKPS Jambi tersebut bisa berlanjut di tahun-tahun mendatang.

“Kami juga menyampaikan apresiasi atas kebersamaan seluruh warga jemaat GKPS Jambi di Sektor Korintus ini, sehingga pesta bona tahun ini bisa beralangsung  sukses, penuh suka cita,”kata St JW Saragih. (BaritaParmahan.Com/St R Saragih).

Tinggalkan komentar

I'm Emily

Welcome to Nook, my cozy corner of the internet dedicated to all things homemade and delightful. Here, I invite you to join me on a journey of creativity, craftsmanship, and all things handmade with a touch of love. Let's get crafty!

Let's connect

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai